Tips Merawat Panoramic Roof

Teknologi sudah semakin canggih membuat prodesen-produsen mobil  kini banyak yang menginstalasi mobil keluaran terbaru menggunakan panoramic roof. Dimana menambah kesan mewah dan elegant setiap kali berkendara.  Tidak heran jika fitur ini dulunya hanya diterapkan pada mobil-mobil mewah di negara Eropa. Letak kaca panoramic roof yang berada tepat di atap mobil membuatnya sering terkena hujan serta panas sinar matahari secara langsung. Agar menjaga kaca supaya tetap bersih dan bebas jamur perlu dilakukan perawatan khusus. Termasuk pada bagian karet dan mekanisme motor penggeraknya.

http://detailmobil.com/wp-content/uploads/2017/09/perlukah-pasang-lapisan-film-di-sunroof-mobil-MHIZItJ4SE.jpg
Gambar 1: kaca panoramic yang bersih akan menambah nilai estetika kenyamanan.

Perawatan panoramic tidaklah sulit tapi jangan dianggap sebelah mata, asalkan rutin melakukan pengecekan pasti panoramic menjadi lebih awet. Agar motor penggeraknya tidak keras alias sulit gerak perlu dilakukan pemberian pelumas khusus karet serta cairan pembersih karet. Kemudian ketika terlihat bercak jamur pada kaca segeralah dibersihkan menggunakan cairan pembersih khusus kaca  yang dibantu dengan lap halus. Agar lebih lengkap penjelasannya mari simak tips dan trik merawat panoramic roof:

  1. Awalnya bersihkan kotoran dan debu yang menempel pada karet sunroof menggunakan cairan khusus karet agar tidak merusak karet. Cairan karet tersebut banyak terdapat di toko aksesoris mobil. Kemudian, bersihkan lapisan karet sunroof dengan lap kain bersih yang halus. Tujuannya, agar karet tidak mudah getas yang dapat mengakibatkan kebocoran di dinding sela-sela karet. Lakukan langkah ini minimal 2 minggu sekali.
  2. Selanjutnya perhatikan juga soal kebersihan pembuangan air letaknya pada bagian belakang diujung kaca. Yakinkan jika saluran air memang tidak tersumbat oleh kotoran apapun. Cara membersihkan saluran pembuangan cukup menyiram air dengan perlahan pada bagian saluran pembuangan akhir atau bisa juga dengan menyemprotkan air menggunakan kompresor.
  3. Selain itu, sunroof tipe geser menggunakan sliding rail, dibagian railnya perlu diolesi pelumas khusus seperti gemuk agar kinerjanya tetap optimal. Caranya dengan melumasi rail sunroof dengan grease (gemuk) cair kemasan botol. Lalu pastikan rail tidak kesat ataupun kering karena bisa memperlambat bahkan merusak kinerja motor penggerak sehingga menjadi sulit untuk dibuka atau pun ditutup. Soal pengecekan pelumas bisa dilakukan selama enam bulan sekali.
  4. Selalu cek ulang saat mencuci mobil Anda baik sendiri maupun di car wash. Jika Anda mencuci di car wash, pada bagian kaca panoramic roof dicuci dengan bersih jangan sampai meninggalkan noda bekas air. Efeknya akan membuat kaca cepat timbul jamur. Termasuk apabila membersihkan sendiri di rumah. Posisinya yang terbilang tinggi dan menyulitkan kerap kali membuat pemilik mobil malas untuk menjangkaunya.