5 Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Mobil di mata masyarakat yang tinggal perkotaan merupakan sebuah identitas diri yang menyatakan bahwa dirinya orang berkelas. Mereka rela merogoh kocek dalam untuk sebuah status sosial di masyarakat berkelas atas. Banyak yang saat ini di rumahnya terdapat lebih dari satu mobil, karena harga mobil semakin murah dengan biaya dp yang ringan. Tetapi jangan hanya melihat dpnya saja, karena itu merupakan permainan marketing. Coba Anda teliti baik-baik cicilannya yang sangat besar, itu seperti mencekik pelan-pelan seorang konsumen. Kami sarankan lebih baik membeli mobil bekas tetapi dengan kualitas yang bagus, dari pada harus membeli mobil baru dengan cicilan harga yang selangit.

Gambar 1:bursa mobil bekas di surabaya

Kami disini ingin memberikan solusi untuk Anda yang sedang mencari mobil bekas yang bagus serta berkualitas.Anda bisa melihatnya pada tips dan trik di bawah ini:

  • Tempat Pembelian mobil

Carilah rekomendasi dari sanak saudara atau kerabat dekat yang pernah membeli mobil bekas. jangan hanya bertanya sekali pada 1 saudara, tetapi tanyakan ke beberapa saudara dan kerabat yang lainnya. Supaya mendapatkan link dan rekomendasi yang paling baik untuk memilih tempat. Carilah tempat yang sudah punya nama dan terpercaya dengan mobil yang di jualnya. Contoh: showroom mobil88

  • Eksterior mobil

Selanjutnya jika sudah dapat tempat yang sesuai pilihan Anda, sekarang saatnya melakukan mengecekan mobil yang Anda Taksir. Yang pertama cek terlebih dulu bagian eksteriornya, apakah ada yang lecet, atau sedikit penyok. Semua bisa di tanyakan ke penjualnya, periksa secara detail bagian eksteriornya. Seperti: kaca, spion,ban,bemper depan belakang,shockbreaker depan belakang, velg.

  • Interior mobil

Bila sudah di teliti semua bagian luarnya, sekarang saatnya cek bagian Interior mobil. Lihat seluruh bagian dalam mobil dari bagian dashbord depan sampai bagasi belakang. Diantaranya: cek pedal gas,rem,kopling(manual) apakah semua masih empuk dan layak, cek bagian pencahayaan mulai dari lampu depan belakang,lampu sein kanan kiri, lampu interior, lampu speedometer, cek juga jok depan belakang apakah masih layak digunakan. Lalu tanyakan juga kunci-kunci roda apakah masih dapat atau harus membeli di luar showroom.

  • Performa mesin mobil

Sekarang Anda lihat dapur pacu mobil tersebut, apakah ada rembesan oli atau packing dari bagian sela-sela mesin. Jika ada rembesan tanyakan pada penjual “kenapa ada rembesan oli di mesinnya”. Biasanya mesin yang pernah di bongkar sudah terjadi rembesan oli di sekitar sambungan packing mesin, tetapi jika mesin suaranya halus berarti perawatannya bagus. Soal packing rembes biasanya karena perawatan berkala pada mesin, yang harus di lakukan setiap beberapa tahun sekali. Dengarkan suara mesin tersebut apakah kasar atau halus, jika halus perawatan yang dilakukan oleh penjual adalah bagus. Tetapi jika suara mobil kasar dan bising sudah di pastikan pemakai sebelumnya tidak bagus. Karena mesin merupakan bagian sangat penting dari sebuah mobil.

  • Kelengkapan surat-surat

Cek dan pastikan kelengkapan surat mobil yang ingin dibeli komplit, kemudian terdaftar sah di catatan kepolisian. Serta cek nomor rangka dan nomor mesin sama yang tertulis di dalam BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor).

Teliti sebelum Anda membeli barang, bukan hanya mobil saja. Tetapi juga dengan barang-barang lain yang ingin dibeli. Agar tidak terjadi kerugian pada diri Anda jika terdapat kesalahan atau kerusakan dengan barang yang Anda beli.