DetailMobil.com

Teknologi dan Cara Kerja Mesin i-VTEC

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan teknologi dan cara kerja mesin i-VTEC. Mesin berteknologi i-VTEC ini dikembangkan dan produksi oleh Pabrik Honda sekitar tahun 90an yang lalu.

http://detailmobil.com/wp-content/uploads/2017/09/i-vtec.gif
Gambar 1: cara kerja mesin i-vtec

Mesin i-VTEC adalah mesin pintar besutan Honda yang bernama Intelligent Variable Valve Timing and Lift Electronic Control , berguna untuk meningkatkan tenaga mesin saat Anda pada kecepatan rendah, menengah, dan tinggi. Setelah itu, dapat mengurangi gas emisi pembuangan dan menigkatkan efisiensi bahan bakar. Kemudian pada teknologi i-VTEC dilengkapi dengan komponen tambahan yaitu VTC ( Variable Timing Control).

http://detailmobil.com/wp-content/uploads/2017/09/ivtec-2.4.jpg
Gambar 2: ilustrasi mesin i-vtec pada di cup mobil Honda

Cara Kerja mesin i-VTEC

Saat piston ke rocker arm primer sudah mengunci rocker arm sekunder.  Kemudian gerakan piston didorong oleh tekanan dari oli  yang menghasilkan kedua katup bergerak secara bersamaan dengan dikontrol oleh cam primer. Selain it,  teknologi mesin i-VTEC memperkenalkan tahapan-tahapan pada camshaft yang selalu melakukan perubahan di intake cam dari mesin DOHC VTEC. Selajutnya perubahan tahapan camsaft ini dilakukan oleh semua gigi penggerak yang melakukan perubahan bersifat fleksibel kemudian dikontrol oleh komputer. Oleh sebab itu kombinasi dari beban suatu mesin saaat RPM akan menetukan tahapan tersebut, selajutnya hasil dari proses ini adalah mengoptimalkan torsi yang telah dikeluarkan terutama untuk RPM rendah sampai sedang.

Itulah informasi mengenai teknologi dan cara kerja mesin i-VTEC pada semua mobil keluaran produk Honda. Agar Anda dapat memahami dan mengerti apa yang di dalam mesin Honda .Saran kami,  lebih baik kunjungi showroom Honda resmi di wilayah terdekat Anda kemudian tanyakan langsung bagaimana cara kerja dan teknologi itu bisa membuat mobil Anda hemat bahan bakar sehingga menggurangi gas emisi pembuangan. Semoga bermanfaat (Rico Adam).