Penyebab Terjadinya Kerusakan Tie Rod dan Long Tie Rod

Yang merasa punya mobil sepertinya wajib baca artikel ini. Setiap mobil mempunyai bagian yang saling berkaitan serta fungsinya masing-masing. Kali ini kami ingin membahas mobil bagian kaki depan. Mendengar kata tie rod rasanya sudah tidak asing ditelinga, tapi fungsinya untuk apa ? Ada yang sudah mengenal fungsi tie rod dan long tie rod? untuk yang belum mengenal akan kami jelaskan sedikit. Tie rod dan long tie rod merupakan bagian putaran steer mobil yang kerjanya untuk memutar  bagian roda ke arah kanan atau kiri sesuai keinginan pengemudi. Pada dunia otomotif sebenarnya hanya ada tie rod tetapi bisa digunakan untuk mempermudah pergantian sparepart.  Bagian tie rod dibagi dua yaitu tie rod dan long tie rod, tie rod bagian yang menempel langsung dengan knuckle mobil sedangkan long tie rod alias reck end yang menempel langsung pada rack steer.

http://detailmobil.com/wp-content/uploads/2017/09/tie-rod.gif
Gambar 1: posisi pasti tie rod dan long tie rod.

Ciri-ciri bagian tie rod dan long tie red rusak:

  • Dongkrak salah satu sisi ban depan dan menggoyangkan ban tersebut dengan perlahan, apabila terasa sedikit oblak dan bunyi tandanya tie rod mobil sudah mengalami kerusakan.
  • Buka roda tersebut dari knuckle sampai terlihat jelas kemudian gerakkan knuclenya menggunakan tangan.

Sedangkan kerusakan long tie rod bisa di cek menggunakan:

  • Lepaskan roda dari knuckle terlebih dahulu, kemudian lihat long tie rod tersebut apakah sudah memble sehingga mengayun ke bawah, atau masih menggantung tegap lurus ynag bisa dikatakan masih dalam keadaan bagus.
  • Lalu gerakan reck end dengan tangan apakah masih memiliki tekanan, jika masih ada tekanan bisa dipastikan partnya bagus, tapi bila sudah lost alias tidak memiliki tekanan maka sparepart harus di ganti.

Biasanya pergantian tie rod tidak bersamaan namun bisa dalam waktu yang berdekatan, jadi Anda juga harus siapkan budget jika sewaktu-waktu salah satu tie rodnya akan ganti. waktu pengerjaan tie rod tidaklah lama hanya membutuhkan waktu 1 hari saja. Serta disarankan membeli sparepart tie rod yang berkualitas asli agar pemakaiannya bisa lama dan tidak membahayakan pemilik mobil.