Mobil Terlaris Semester Pertama 2017

Menurut data yang peroleh dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), jumlah penjualan kendaraan roda empat pada enam bulan pertama tahun 2017 mencapai 534.288 unit.

Gambar 1 : toyota agya dan daihatsu ayla facelift

Segmen MPV masih tetap menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia, pada semester pertama tahun 2017 ini, disusul oleh SUV dan City Car.

Toyota masih menjadi raja dengan penjualan sebanyak 195.288 unit, kemudian diikuti Daihatsu sebanyak 94.287 unit dan Honda sebanyak 93.262 unit.

Berikut kami sajikan daftar mobil terlaris di Indonesia pada semester pertama 2017 :

1. Toyota Avanza

Mobil yang pertama kali diperkenalkan kepada publik pada tahun 2003 ini kembali sukses mempertahankan gelar sebagai mobil terlaris di Indonesia. Dengan penjualan mencapai 62.615 unit pada semester pertama 2017, Avanza sukses mempertahankan gelar selama hampir 14 tahun.

  1. Toyota Calya

MPV yang masuk ke dalam kelas LCGC ini juga cukup sukses merebut hati masyarakat pada tahun pertamanya. Terbukti dengan capaian penjualan hingga 40.595 unit, mobil ini layak untuk menempati posisi ke-dua daftar mobill terlaris pada enam bulan pertama tahun 2017.

  1. Toyota Kijang Innova

Posisi tiga masih dari pabrikan yang juga pemilik dari brand Lexus dan Daihatsu ini. Mobil yang menempati segmen MID MPV ini berhasil membukukan penjualan sebanyak 27.257 unit, hal ini tidak terlepas dari nama “Kijang” yang sudah sangat melekat di hati masyarakat Indonesia sebagai kendaraan idaman keluarga dan menurut kami pantas dengan slogannya yang berbunyi “ The Legend Reborn”.

  1. Honda Mobilio

Posisi empat dimiliki oleh MPV besutan Honda. Mobil yang melakukan facelift pada bulan Januari lalu ini mengukuhkan penjualan sebanyak 23.085 unit. MPV yang menurut kami memiliki tampang yang ganteng ini menjadi pesaing berat bagi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia pada segmen LOW MPV.

  1. Daihatsu Gran Max Pick Up

Melalui kendaraan komersialnya, Daihatsu menempati posisi lima. Dengan penjualan mencapai 20.902 unit, Gran Max Pick Up sukses menjadi mobil terlaris untuk segmen komersial non-Truck.

  1. Honda Brio Satya

Mobil dengan tampang imut ini cukup sukses dengan mencatat penjualan sebanyak 19.287 unit . Cukup tinggi untuk segmen City Car yang juga menganut LCGC. Harus kami akui, sebelum rivalnya melakukan facelift, mobil inilah yang menurut kami paling keren dikelasnya.

  1. Honda HRV 1.5

SUV Compac besutan Honda ini terbilang sukses memikat hati kaum milenial yang menyukai  tantangan. Dengan tampilan yang terlihat sangat modern dan mesin yang bagus, HRV 1.5 berhasil membukukan penjualan sebanyak 19.094 unit.

  1. Daihatsu Xenia

Saudara kembar Avanza ini mengalami penurunan semenjak hadirnya para rival dari pabrikan lain. Jika pada tahun – tahun sebelumnya Xenia selalu berhasil menduduki posisi lima besar penjualan mobil terlaris, tahun ini posisi Xenia turun menjadi posisi delapan. Sebenarnya Daihatsu sudah melakukan Facelift untuk mobil keluarga andalan mereka ini pada tahun lalu, namun penjualan mereka hanya mencapai 18.869 unit.

  1. Daihatsu Sigra

LCGC tujuh penumpang yang juga memiliki kembaran di Toyota ini menempati posisi sembilan dengan penjualan mencapai 18.313 unit. Tertinggal cukup jauh dari saudara kembarnya yang ada diposisi dua.

  1. Daihatsu Ayla

Melengkapi posisi sepuluh besar, LCGC lima penumpang yang baru saja mendapatkan peremajaan pada bulan April ini cukup sukses dengan penjualan mencapai 18.147 unit. Kami diakui dari semua mobil LCGC lima penumpang yang telah hadir hingga Juli 2017 Daihatsu Ayla facelift adalah mobil yang memiliki tampang paling keren dikelasnya,

  1. Suzuki Ertiga

Posisi sebelas di isi oleh MPV besutan Suzuki dengan pejualan sebanyak 17.998 unit. Kami tidak mengerti, dari segi kualitas Ertiga tidak kalah dari produk merk sebelah, namun kenapa terdapat jarak yang lebar tentang perbedan jumlah unit yang terjual ?

  1. Toyota Agya

Sama seperti Ayla, Toyota Agya juga mendapatkan peremajaan pada bulan April lalu. Tidak seperti tahun sebelumnya, sepertinya kali ini Toyota Agya harus mengalah dari saudara kembarnya karena hanya memperoleh prnjualan sebanyak 16.539 unit dan menempati urutan dua belas pada enam bulan pertama tahun 2017.

  1. Honda BR-V

DI segmen LOW SUV, Honda Prospect Motor yang mengandalkan BR-V sukses menjadi raja dengan penjualan sebanyak 11.977 unit dan menempati urutan tiga belas pada semester pertama tahun 2017. Cukup sukses mengingat usia mobil ini belum genap dua tahun.

  1. Toyota Rush

Menyusul sang rival, Toyota Rush yang juga telah mendapat facelift bersama dengan kembarannya Daihatsu Terios ini mencatat penjualan sebanyak 11.533 unit. Sedikit menurun dari periode yang sama pada tahun lalu.

  1. Toyota Fortuner 11.097 unit

Melengkapi posisi lima belas terdapat kendaraan MID SUV dari Toyota, Dengan penjualan sebanyak 11.097 unit, Fortuner berhasil mengalahkan rival sekelasnya seperti Mitsubishi Pajero Sport, Nissan X-Trail dan Ford Everest.

Pada semester ke-dua tahun 2017, akan ada lebih banyak lagi mobil yang akan meluncur dari berbagai merk. Seperti Wuling dengan Confero S dan produk yang masih disembunyikannya, kemudian Mitsubishi XM Concept yang rencananya akan menampakan wujud aslinya dalam beberapa hari kedepan dan kabar mengenai Toyota Voxy yang akan dipamerkan kehadapan publik pada pagelaran GIIAS 2017 yang sampai saat ini masih diperbincangkan. Kita nantikan saja bagaimana respon masyarakat terhadap mobil – mobil baru ini.