Cara Merawat Kaca Mobil yang Jamuran

Jumpa lagi! Sebelumnya kita sudah membahas cara merawat ban mobil agar lebih awet, sekarang waktunya kita bahas cara merawat kaca mobil supaya tidak jamuran. Kaca Mobil merupakan komponen utama di setiap kendaraan beroda 4 terbuat dari kaca yang terletak di depan, kiri, kanan dan belakang untuk melindungi dari angin dan cuaca. Jika anda parkir mobil di luar akan lebih rentan terkena masalah jamur pada kaca mobil. Terkadang masalah juga bisa muncul dari dalam mobil ketika Anda tidak sengaja/sengaja tumpahkan minuman dan makanan di dalam mobil dan tidak mengeringkannya secara sempurna, hal ini tentu dapat berbahaya. Musim hujan sangat rentan terhadap bagian interior mobil karena kondisi cuaca yang lebih lembap terkena air dapat terbawa masuk dan tertinggal didalam jok mobil. Jika Anda tidak segera membersihkannya jamur kaca mobil secara sempurna maka jamur akan cepat sekali berkembang biak  dan menyebar area kaca yang lebih luas sehingga dapat merusak lapisan pelindung kaca dan dapat menyebabkan alergi.

Setelah itu, membersihkan jamur pada kaca mobil. Lebih baik kenali dahulu sumbernya. Jika jamur berasal dari interior mobil sebaiknya bersihkanlah bagian interior mobil dari sumber kotorannya, seperti sisa makanan atau cairan bekas minuman yang tumpah. Gunakan mesin pengisap seperti hair dryer untuk menyingkirkan kotoran-kotoran makanan di celah jok mobil dan karpetnya. Buka jendela dan pintu mobil guna mengurangi kelembapan mobil di dalamnya. Berikut ini adalah langkah-langkah membersihkan kaca mobil dari jamuran:

Gamabar 1: rawatlah kaca mobil karena dapat menpengaruhi estetika eksterior mobil.
  • Gunakan kanebo atau lap yang halus untuk membersihkan kaca mobil.  Pertama kali yang anda lakukan lap dikasih air kemudian bersihkan denganmenggunakan kanebo secara lembut agar jamur terlihat pudar. Hindarkan penggunaan benda-benda tajam yang bersifat menggores lapisan pada pelindung kaca mobil.
  • Air soda. Cara ini sederhana bro and sis cukup dengan tuang sedikit demi sedikit air soda ke kain lap yang kering untuk bersihkan kaca berjamur secara lembut lalu lakukan terus-menerus hingga jamur hilang sama sekali, kemudian lap kaca yang sudah kering dengan lap kering yang bersih.
  • Pasta gigi.Cara yang digunakan dapat menghilangkan jamur pada kaca mobil yang tipis atau pun baru muncul, lalu bahan baku pembersih jamur murah dan juga mudah didapat tetapi kurang efektif bagian lapisan jamur yang sudah sangat tebal. Kemudian letakkanlah mobil dy tempat yang teduh selajunya bersihkanlah kaca mobil dari debu serta kotoran yang melekat terlebih dahulu bro lalu keringkan. Oleskanlah krim pasta gigi sedikit di area kaca mobil berjamur, Setelah itu gosoklah secara lembut dengan menggunakan lap kaca yang kering dengan gerakan memutar. Segera bilas dengan air jangan tunggu krim pasta gigi sampai mengering karena dibiarkan kelamaan di kaca.
  • Air tembakau. Cara ini bro and sis cukup rendam dengan segenggam daun tembakau di air dan tungu selama 10 sampai 15 menit. Cucilah kaca mobil di air lalu keringkan setelah itu usaplah lap yang dicelupkan ke dalam air tembakau untuk membersihkan area kaca yang berjamur.Lakukan hingga jamur pada kaca mobil hilang sama sekali.
  • Pemutih pakaian.Cara ini cukup mudah bro and sis untuk membersihkan jamur pada kaca mobil.Cara yang dilakukanya sama dengan cara yang di bawah yaitu pemutih pakaian dituangkan ke lap bersih lalu gosoklah secara perlahan ke kaca mobil yang jamur tunggu hingga kering, setelah kering bilas dengan air secukup dan langkah terakhir lap kembali dengan lap bersih.
  • Pembersih wajah.Cara ini biasa digunakan untuk sista yang berkendara menggunakan mobil. Pastinya sista tidak ingin mobilnya kotorkan oleh karenanya sis-sis ingin bersih dari jamur yang membandel pada kaca mobil dengan pembersih wajah yang sista miliki. Caranya pun sangat sederhana dan juga mudah cukup tuangkan face tonik ke kain lap lebut serta bersih. Apabila face tonicnya berbentuk pasta maka Anda bisa langsung mengoles kaca mobil lalu gosok permukaan kaca yang terdapat jamurselajutnya bilas dengan air bersih secukupnya.
  • Air cuka dapur . Caranya ini mudah dan sederhana untuk dilakukan adalah cuka dapur cukup 3x sendok makan dicampur 1 liter air setelah itu kain lap dibasahkan mengunakan lap bersih dengan air cuka dapur secukupnya, kemudian gosoklah ke kaca mobil yang terdapat jamur secara perlahan-lahan. Tunggu kering lap kembali kaca mobilmenggunakan lap bersih atau bisa gunakan koran.
  • Sama seperti cara-cara diatas adalah kaca mobil disiram dahulu air hangat yang terdapat jamur lalu oleskan shampo secukupnya pada kaca mobil tunggu sampai kering. Apabila sudah kering gosoklah kaca mobil secara perlahan gunakan lap bersih.Setelah itu bilas menggunakan air secukupnya selajutnya bisa Anda keringkan dan jemur di atas sianar matahari.
  • Serabut baja. Cara ini jika mobil Anda sudah berjamur ataupun berkerak, hal pertama yang dilakukan adalah kaca mobil jamur atau kerak digosok secara perlahan agar tidak tergores. Setelah itu guyur menggunakan air bersih ke kaca mobil secukupnya bro, tunggu sampai kering.Apabila sudah kering lap bersih ke kaca mobil tersebut.
  • Bedak. Cara ini sederhana dan mudah siapapun bisa melakukanya.pasti sista tidak lepas dari yang namanya bedak. Ok sis mulai saja Anda dapat mencampurkan air dan tidak encer selajutnya gosok secara perlahan menggunakan lap bersih setelahnya bilas menggunakan air bersih secukupnya biarkan mengering setelah itu keringkan gunakan kertas Koran
  • Cairan Pembersih.Caranya adalah kaca mobil dibersihkan menggunakan air bersih lebih baik bila mencuci kaca mobil hindarkan dari tempat panas yang terkena langsung sinar matahari karena cairan pembersih lebih cepat kering dan meninggalkan noda pada kaca mobil maka dari itu untuk mendapatkan hasil maksimal Anda bisa gunakan kain biasa yang lembut selajutnya itu oleslah cairan pembersih ke kaca yang jamur sampai benar-benar bersih setelah itu bilas keseluruhan menggunakan air tunggu kering, jika sudah kering lap lagi kaca mobil dengan lap kering yang bersih.

Itulah beberapa cara menjaga kaca mobil supaya tidak cepat jamuran dan dapat Anda diterapkan dalam kehidupan sehari-hari bro and sis, Anda juga bisa coba langsung dengan alat-alat yang ada dirumah maupun lingkungan sekitar Anda sehinga tidak repot-repot ongkos mahal. Bagaimana bro and sis? Apakah ingin mencobanya? Silahkan dicoba.S ampai jumpa lagi di artikel selajunya! (Rico Adam)