Cara Merawat Ban Mobil agar Lebih Awet

Hai bro and sis, di sini kita akan membahas bagaimana cara merawat ban lebih awet. Merawat ban wajib menjadi keharusan bagi si pemilik kendaraan karena ban adalah piranti untuk menutupi velg dalam suatu roda. Ban merupakan bagian penting dari segala jenis kendaraan, dan berfungsi untuk mengurangi getaran yang disebabkan oleh ketidakteraturan permukaan jalan, serta melindungi roda dari aus/botak dan kerusakan. Ban juga memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan mobil. Ban perlu mendapat perhatian intensif, mengapa? Kaerena perlu dilakukan check up kondisi secara teratur pada ban mobil. Ban mobil yang tidak mendapat perawatan akan dapat mempengaruhi kinerjanya seperti kondisi aus atau tipis sehingga tidak layak untuk dipakai. Jika dipaksa digunakan maka berakibat fatal bagi si pemiliknya maupun orang lain di sekitarnya seperti terjadinya kecelakaan yang dapat membahayakan jiwa Anda.

Gambar 1: ban adalah satu-satunya komponen mobil yang bersentuhan dengan tanah, sehingga sangat penting untuk dirawat demi keselamatan berkendara.

Berikut ini berapa cara yang dapat digunakan untuk merawat ban mobil Anda adalah sebagai berikut:

1. Perhatikan Tekanan Udara Ban Mobil

Gambar 2: tekanan udara ban harus sesuai dengan rekomendasi bawaan pabrik.

Hal pertama yang dilakukan dalam merawat ban mobil Anda lebih awet adalah tekanan udara:
Tekanan udara dapat mempengaruhi lama penggunaan ban. Apabila tekanan ban terlalu kecil dapat menyebabkan ban akan cepat rusak, sedangkan jika tekanan ban lebih keras batas maksimum akan berakibat terhadap robeknya ban sehingga dapat membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang di dalamnya. Hal ini diakibatkan adanya gesekan panas yang terlalu sering, sehingga dapat mengakibatkan mobil meledak. Oleh sebab itu, tekanan ban yang diberikan harus disesuaikan dengan kondisi jalanan yang Anda tempuh sehingga perjalanan Anda akan terasa nyaman. Ukuran tekanan ban juga telah ditentukan oleh pihak pabrikan, Anda dapat mengecek satuan tersebut melalui tabel yang tertempel pada bagian samping mobil.

2. Perhatikan Spooring dan Balancing

Gambar 3: spooring dan balancing sangat penting bagi mobil yang telah lama mengaspal, sehingga settingan ban tetap dalam kondisi lurus seperti sedia kala.

Kemudian hal kedua dalam perwatan ban mobil adalah perhatikan spooring dan balancing. Spooring adalah sebuah proses untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal. Biasanya dua roda depannya akan diluruskan dan diatur lagi agar kembali seperti sedia kala. Lalu bagaimana dengan balancing adalah untuk menyeimbangkan kembali? Yang diseimbangkan adalah 4 roda mobil agar putarannya seimbang. Biasanya ini dilakukan setelah penggantian ban atau velg dan jika kilometernya sudah mencapai batasan untuk balancing.

3. Berkendara yang Baik dan Benar

Gambar 4: berkendaralah dengan baik dan benar agar ban mobil lebih awet sehingga terhindar dari kecelakaan.

Setelah memperhatikan beberapa komponen yang dapat mengganggu kondisi ban, kita harus terapkan biasakan berkendara yang baik dan penuh ke hati-hatian agar dapat menjaga keawetan ban mobil yang Anda gunakan, contohnya dapat dilakukan dengan tak mengubah kecepatan kendaraan anda secara drastis, tidak melakukan pengereman secara tiba-tiba/mendadak, dan tidak membawa barang-barang tidak penting ke dalam mobil Anda sehingga beban mobil tidak kelebihihan kapasitas yang seharusnya. Mungkin hal ini terlihat sederhana, tetapi perilaku seperti ini terbukti bisa menjaga ban mobil sangat awet seperti biasanya.

Itulah beberapa cara menjaga ban mobil lebih awet yang dapat Anda diterapkan dalam kehidupan sehari-hari bro and sis, sehingga ban mobil Anda tidak mudah rusak. Coba untuk melakukan tips-tips di atas mulai dari sekarang secara rutin sehingga ban mobil Anda tetap awet dan perjalanan Anda pun semakin nyaman. Hal ini juga dapat membuat Anda terhindari kecelakaan fatal yang dapat membuat Anda rugi di kemudian hari. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya! (Rico Adam)