DetailMobil.com

Cara Mengganti Air Radiator Mobil

Kembali lagi bersama kami, sahabat debil disini kami akan membahas tentang cara mengganti air radiator mobil. Terlebih dahulu kami mengulas sedikit apa yang dimaksud dengan radiator , radiator merupakan salah satu komponen penting dengan melakukan penukaran panas kemudian digunakan untuk memindahkan energi panas dengan tujuannya adalah mendinginkan ataupun memanaskan mesin mobil.

cara-mengganti-air-radiator-mobil
Gambar 1: gantillah air radiator secara berkala agar tidak menyebabkan kotoran masuk ke radiator.

Untuk menggantikan air radiator mobil, Anda tidak perlu ke bengkel dikarenakan bisa menggantikannya sendiri di rumah.berikut ini tahap-tahap yang dapat kami berikan jika menggantikan air radiator dirumah:

Tahap 1: Bukalah tutup lubang radiator diatas kemudian buka baut pembuangan radiator  yang berada di bawah kemudian Anda tunggu sampai air diradiator terbuang secara keseluruhan Setelah itu, pastikan kondisi mesin mobil Anda sudah dingin agar tanggan tidak terjadi cedera saat melakukan pembuangan air radiator dan harus diusahakan saat dalam pembuangan air radiator tersebut kondisi mesin tetap menyala. Oleh karena itu difungsingkan agar semua air dapat keluar secara keseluruhan.

Tahap 2: Setelah itu air radiator Anda sudah habis maka selajutnya tutup kembali baut pembuangan air dibagian bawah kemudian isi air radiator dengan menggunakan cairan pendingin (radiator coolant).

Tahap 3: Selajutnya Anda tutup baut kemudian dibuang anginnya dan biarkan ditutup lubang air radiator atas terbuka. Setelah itu pastikan posisi AC (Air Conditioner) sudah mati kemudian Anda hidupkan mesin sampai temperature menunjukkan setengah dan kipas radiator Anda berputar

Tahap 4: Kemudian apabila volume air masih kurang maka segera ditambahkan hingga batas maks selajutnya tutup kembali radiatornya.

Tahap 5: Dan tahap terakhir jangan sampai Anda lupa untuk selalu mengecek (reservoir tank) tangki cadangan radiator . Apabila tangki cadangan kotor lebih baik Anda isi kembali dengan menggunakan radiator coolant sampai batas maksimal lalu Anda tutup kembali dan dirapatkan.

Demikianlah yang dapat kami informasikan tentang cara mengganti air radiator mobil dengan benar. Kemudian bisa Anda praktikan dirumah sendiri secara berkala agar mobil Anda nyaman untuk perjalanan ke dalam ataupun ke luar kota. Semoga bermanfaat!!! (Rico Adam)